Feeds:
Posts
Comments

Archive for June, 2009

traktiran bukan date-ing

Hari sabtunya, na berangkat dari kost’an pake kaos Google + jeans biru…. na juga pake softlense soalnya kacamatanya dah ga enak di pake…. jd na ada rencana hari itu mw sekalian ke optik bwt ngegganti kacanya dengan minus yang sekarang ini.

seperti biasa sabtu pagi na sarapan bareng temen2 kost’n, tapi si genta dah tanya2 terus dan ngajakin untuk berangkat cepet2….  trz ternyata genta ga tau klo mall nya itu baru buka jam 10…hwhwhwh…. cape dehhhh….

Ternyata, pas di 45 na mesti nunggu lama…. soalnya penumpangnya belum penuh. Trs ga lama genta sms…. dia ngasih tau klo dia kejebak hujan….  umm na ga tau siapa yang nyampe bekasi duluan.

Yang jelas, na ga langsung ke t4 janjian (gramedia), tappppi na mampir ke sebuah toko…. buat beli sesuatu buat nyokap.  Pas lagi milih2… ternyata genta sms… sotoy gitu… dia bilang dia liat na… trs parahnya lagi genta bilang klo genta pake baju merah…. heu!!! untung sms yang satu itu datengnya telat…

sampe di gramed, na cari2 dia…tapi ga ketemu… terpaksalah sms genta lagi… trs genta bilang dia di bagian novel…. na langsunglah ke pojokan novel…tapi tetep ga ngeliat tanda2 penampakan genta sahuri…. aura mistis nya juga ga berasa…

trs ternyata genta dah liat na duluan…. tiba2 tuh orang nonggol … dengan senyum jailnya…

disitu dia bilang dia belum sarapan…. katanya lappperrr…. pingin makan nasi….

tapi na tetep ajak dia meluncur ke gokanna tepan, disitu…. genta pesen nasi goreng… umm na kesel… habisnya dia pernah bilang klo dia makannya lemot… tapi…liat aja makannya cepet gitu… ngaku2 lemot…. heu!!!

ga lama, genta ngeluarin sesuatu…. pas dibuka ternyata buku yang dibalut sama sampul batik… pas dibuka…. ternyata tulisan arab semua…. na ga ngerti…

trs dia ngejelasin klo itu tuh…kumpulan hadis-hadis..

na cuma bisa ngejawab …dengan big Ow….

satu lagi… dia kasih na CD originalnya MLTR… ^^ …. keliatannya dia baru aja beli tuh CD soalnya masih ada label harganya…hehehe…. well…anyway… jaza kallahu khoiro ya… soalnya CD MLTR yang na punya ga tau entah dimana… yang jelas paska kemalingan…trs pindah2an… barang2 na nyebar kemana2…

Habis makan… kita kembali ke metmall… genta minta ditemenin ke gerainya SMART… tapi setelah ambil no antrian ternyata lumayan lama nunggunya… belum lagi si nyokap dah nlpn2… nyuruh na pulang…

Akhirnya genta beli SMARTnya di toko deket2 situ…. dah Alhamdulillah ga makan waktu lama… ^^ ….

kita pisah dilantai 1 metmall….  na akhirnya bisa pulang…. soalnya na khawatir bgd ma nyokap…

trs ga lama setelah hari itu, ada seseorang yang post comment di blog na, heee na lupa… trs na tanya genta… dan ternyata dia adalah si topik yang penah nemenin genta ke kampus.

Setelah ngacak2 blognya topik na nemuin beberapa postingan dari genta…. yang salah satu isinya… dia bilang klo dia date-ing sama na…. Fuuuhh…. padahal kan dia bilang ma na klo itu traktiran…. klo tau gitu mah na cari tempat yang lebih enak bwt ngobrol biar lebih berkesan gitu…

-nina-

Advertisements

Read Full Post »

Beberapa hari setelah na bantu genta nyelesein PRnya, akhirnya pertanyaan yang ditunggu2 dateng juga:

Genta Sahuri :  ‘traktir’ buku…mau milih sendiri or dipilihin?
Rosa : bole dua2 nya?
Genta Sahuri : gramedia yg ada di bekasi..ya…yg di MM
Rosa : bole
Rosa : ada limit nya ga?
Genta Sahuri : wew…pertanyaan yg susah untuk dijawab
Rosa : limit harga ma limit waktu
Rosa : takutnya expired traktirannya…kan bahaya
Genta Sahuri : wew…ehhehe
Genta Sahuri : kayak sim card gitu yah
Rosa: yaaa buat jaga2 aja
Genta Sahuri : hmmmmm…plan changed
Rosa: ?
Genta Sahuri: gini..bukunya gua yg nentuin, karena lain daripd yg lain. makan2nya boleh juga
Genta Sahuri: dua dua nya dpt kan
Rosa : okie
Rosa : no problemo
Genta Sahuri : ttg waktunya…sedang dipikirkan hihihihi

Besoknya genta kirim e-mail dengan judul yang aga aneh “ngomongin tentang hari”…. hmmm wierd…wiiieeeerrrdddd…..  tapi karena penasaran na buka aja tuh e-mail.

Dari genta untuk Na:

Ngemeng ngemeng…sabtu ini ada acara? Atau balik ke babelan?

Na:

so far ga ada acara, paling siang atw sore balik ke babelan…. itupun tergantung mood.

Genta:

Sebelum balik ke babelan, makan makan dulu yuk di daerah bekasi barat (MM atau tempat sejenis?). kan ke babelan lewat bekasi barat juga kan?

Yang ada di pikiran na:

Makan…makaaaaaaannn!!! bole bole… traktiran dari PR yang kemarin ni pasti….umm ga mungkin macem2 lah nich orang… lagian cuma makan bareng…apa salah nya … ya ga??

trs na jawab:

okie…. mw jam berapa?

Genta:

That’s urs…maunya jam berapa?

Na:

okie…nanti gw sesuai-in dulu ma jadwal nyuci gw ya…


Genta:

Boleh…tapi brngkatnya kita misah aja yah. Gua ga bisa dan ga biasa boncengin cewek heheh, maklum roda mesinnya masih dua. Kita ketemu disana aja..gpp kan?

my thought:

yg mw berangkat bareng siapaaaaa ? ? ? ? ! ! ! ! PD banget nie orang….!!! ckckck….

Na trying to be nice:

okie… ga masalah ^_^

Genta:

Kalau dari cikarang ke babelan biasanya berpa jam perjalanan?

my thought:

pertanyaan yang anehhhhh…..!!!??? dan ngebingungin…. lama nya perjalanan kan tergantung dari sikon….Fuuuh….

Na ngejawab:

tergantung
naik apa? berapa kecepatannya? trs mampir2 dulu pa engga? kena macet pa engga?* Mobil angkotAsumsi: Angkotnya ga berenti2, trs angkutan lintas tol nya cepet penuhnya, ga mampir2.

Dari kost’n ke tol: 15 menit

Dari tol ke bekasi barat: 30 menit

Dari bekasi barat ke stasiun: 5 menit

Dari stasiun ke babelan: 30 menit

Total lama perjalanan: 1 jam 25 menit

* Mobil Tebengan

Asumsi: Dapet tebengan cepet, ngebut, ga kena macet, trs ga mampir2.

Dari cikarang ke bekasi barat : 30 menit

dari bekasi barat – stasiun: 5 menit

(asumsi lagi: angkotnya kosong, melaju langsung ke stasiun)

dari stasiun ke babelan: 30 menit

(asumsi: dapet angkot yg cuma nunggu gw doang hehehe… )

Jadi lama perjalanannya: 1 jam 5 menit

* Motor

Asumsi: Kecepatan penuh, ga kena macet, ambil jalur terdekat

Dari cikarang ke babelan: 1 jam

* pesawat

Asumsi: ada pesawat yg berenti di babelan, bus bandaranya ngebuuut, ga macet

cikarang – Cengkareng: 45 menit

cengkareng – babelan: ~ (tak terhingga) tergantung bisa landing apa engga hehehe….

Genta:

Hehhehe….kreatip yak :DEmang Rosalina deh pokonya…ngangenin hehehe

my thought:

Ya ampiuuun….. ga salah neh orang…. ????? ” GANGENIN…. ” basi basi basiiii….

Jam 7 malem, pembicaraan berlanjut lewat YM……. diskusi mengenai penentuan tempat gitu deh….

Genta Sahuri : sabtu nanti mau di MM atau dmana?
Rosa: o
Rosa : itu ya
Rosa: umm
Rosa: dimana aja jg bisa
Genta Sahuri: loh
Genta Sahuri : di pecel lele aj kl gitu
Rosa : bole bole
Rosa : ga masalah
Genta Sahuri: benerann nii
Rosa : lele + es jeruk
Genta Sahuri : mantap
Genta Sahuri : hehehe
Rosa : heu!!
Genta Sahuri : selera gua tuh
Rosa: itu mah selera semua anak kost an
Rosa: menu sehari2
Genta Sahuri : tp nanti di solaria aj kali ya
Rosa: duh
Rosa: gw ga suka solaria
Genta Sahuri: atau mau dimana
Rosa : mendingan lele deh
Genta Sahuri : ya..kita cari yg enak buat ngobrol juga
Rosa: suka pedes ga?
Genta Sahuri ): kl ga suka pedes, ga orang pdang dong
Rosa : oke
Rosa: bisa makan cepet?
Rosa : dan banyak?
Genta Sahuri : oo
Genta Sahuri : kl itu
Genta Sahuri : ga kuat
Genta Sahuri : krna gua makannya lemot
Rosa : oo
Genta Sahuri : kelamaan mencerna di mulut
Rosa: suka mie?
Genta Sahuri: biar gampang diserap ama usus
Genta Sahuri : mie…suka
Rosa : oke
Rosa : kita ke gokanna tepan

-nina-

Read Full Post »

My 25th’s gift…

Author: Genta

Kala itu…Jumat sore, 12 Juni 2009, kita rencananya mau ketemuan di kampus. Tapi beberapa jam sebelum pulang, saya dipengaruhi oleh teman teman kerja untuk ngeband dulu di studio musik Yukate…eh Yutaka, teriak teriak disana, lari lari disana, loncat loncat disana, banting gitar disana, bakar pabrik (loh)…pokoknya ngelakuin yang bisa dilakuin buat bikin pikiran kembali ‘normal’. Sebelum pulang, saya kirim pesan lewat IM ke Nina, bilang kalau hari ini ga bisa ketemu dia dikampus karena mau main band dulu.

Dohhhh….konsistensiku ter-crop habis habisan karena ini. Awalnya saya bilang bisa ketemu, eh ditengah jalan di cancel gara gara urusan band (ga penting). Nina sempat ngambek dan moodnya jadi langsung ilang. So sorry yah na. Waktu dihubungi lewat hpnya, aksen suaranya menunjukkan ada ketidak beresan…hmmmm….dannn….akhirnya saya ga jadi main band dan langsung menuju kampus…menuju Nina.

Sampai di kampus…Ninanya dah BT duluan, persis kayak singa betina yang lagi mau beranak…ga bisa dideketin. Alhasil saya harus rela dicuekin dan dijutekin.

Mengikuti kuliah English 3 dengan perasaan tak menentu, pukul 9 malam kita janji ketemu di angkringan pinggir jalan. Moga moga aja Nina udah ga BT lagi sehingga saya bisa minta maap atas ke tidaknyamanan eh maksudnya ketidakkonsistenan tadi sore.

Nyampe di angkringan saya telpon Nina, beberapa menit kemudian dia datang dengan senyum manisnya…sambil nenteng nenteng kantong plastik……eng…ing..eng…..dia bilang…NI KADO BUAT KAMU…

” Awalnya aku mau ngasihin tadi sore, kamu sih ga konsisten ama janji”

xixixixixixixixxixixixix…..

Kadonya dibungkus plastik dengan tulisan “Matahari”, berarti dibelinya di mall heheheh, seukuran kotak sepatu, tapi aku ga ngira sepatu karena ringan banget. Aku berspekulasi kalau itu adalah celana…hmmmm…sambil makan dan ngeliatin wajah ayunya nina aku terus bernego dengan pikiran, isi kadonya apa yah, celana, sepatu, buku, kapas, padi, beras, halahhh jadi kemana mana.

Kira kira pukul setengah sepuluh kita bubaran, Nina dah ga BT lagi semenjak ngasihin kado tadi. Dia bilang kalau ngambek ga pernah lama lama, syukurlah. Sampe di kosan dengan semangat 46, saya buka tuh kado perlahan lahan..ga rela kalau bungkusnya jadi rusak atau robek. Sedikit demi sedikit benda ajaib itu terlihat, jelas dan makin jelas. Dari kotaknya terpampang tulisan “Reebok”…hmmm masak sih sepatu? Jangan jangan kotak nya doang yang kotak sepatu, bisa aja isinya bukan sepatu. Dan setelah dibuka….wewwwwww…ternyata benar…mawarku membelikanku Reebok DMX Ride…asli keren bangetttt. Langsung saya raih handphone dan teriak teriak ke dia diseberang sana…jazakillahu khoiro….sepatu impian ku dari sma, dan masih sampai sekarang. Kok Nina tau yah kalau saya memang memimpikan sepatu basket ini….asli…ga bisa digambarkan dan dituliskan disini tentang perasaan senang ku waktu itu, jazakillahu khoiro yah na..

DMX Ride

 It’s real!!!

Mengenai ukurannya, ternyata aku baru nyadar juga. Kira kira seminggu yang lalu, Ami teman satu kosan Nina dan juga teman satu kelas di kampus sms saya dan bilang kalau dia mau beliin sepatu basket buat cowoknya, trus nanya kalau ukuran buat cowok yang tinggi kira kra berapa. Waktu itu saya ngerasa aga sedikit aneh juga…tapi dengan PD nya saya jawab aja

“Kalau gua si pake 42, coba aja tanya cowok lo dulu”

Hehehe…triknya Ami keren juga 😉

Ok…udah dulu deh ceritanya…nanti disambung tentang cerita kita esok harinya…mengunjungi Kebun Raya (Nina yang cerita yah hehehe)

Read Full Post »

Pertemuan selanjutnya

Pertemuan selanjutnya, genta minta tolong buat dibantuin ngejawab PR yang dikasih sama bos nya…

Waktu itu masih liburan semester, tapi dia tetep mw dateng ke kampus bwt ngejelasin PRnya dia.

Hari itu na sholat di lantai 1, dan ternyata ada orang aneh… yang belum pernah na liat…. trs dia tanya gini…”mba… kiblatnya sebelah mana??”  …. karena gw ga kenal gw cuma nunjukin arah nya trs bilang “ke sana”….  habis itu sholat.

Selepas sholat baru lah na tau klo ternyata dia itu temennya genta, kita duduk2 bareng di discussion area. Trs tenyata ga ada kertas sama pensil soo.. cari2 kertas dulu deh di t4nya marketing area…dan kita ninggalin topik sendirian untuk sementara.

Genta ngejelasin PRnya di bangku deket ruangan marketing, klo na sich nyebutnya di meja bundar + bangku merah …^^ ….  uuwaktu itu sich na ga menjanjikan na bisa ngasih solusi untuk PR nya dia tapi na bilang na bakal usahain soalnya na belum pernah megang database.

Setelah selesai ngejelasin, kami kembali ke topik… trs disitu ngobrol2 ga jelas dikit… dan karena mesti ke bengkel untuk ngambil motornya jadi mereka langsung pamit.

Selepas mereka pulang, na langsung cari2 tau… mengenai OLAP and how does this stuff work. Setelah coba2 ternyata berhasil…cumma… na ga yakin dengan kasus OLAPnya…. tapi si gentanya dah penasaran aja, dia bilang dia mw liat… trs sorenya dia mampir ke ruangan.

Disitu dia tanya2 tentang penerapan OLAP nya, tapi…. na juga ga yakin ma jawabannya…jadi na jawab sekedarnya aja…mendekati sotoy… ^^…. setelah selesai dia sempet ngajakin cari makan… tapi na tolak…  ^^

Karena masih penasaran, setelah dia pulang na cari2 tau lagi tentang OLAP, browsing2….cari2 di perpus… trs akhirnya na sadar klo jawaban yang na kasih ke genta itu salah hwhwhwhw…. so langsung lah na kirim jawaban revisiannya lwt e-mail.

Dari na untuk genta:

Chuy,Ternyata yang kemarin itu salah hehehe… krn penasaran jd gw coba2 lagi dan hasilnya sesuai dengan kasus yang dikasih…yey.. jd ga perlu ganti “all item” jd “semua data”

untuk penjelasaannya bisa di liat di http://databases.about.com/od/sql/l/aacuberollup.htm

gw ga pake command cube karena klo pake itu semua data yang ada di tiga dimensi muncul semua.

SELECT isnull(Customer, ‘All customers’) as Customer, isnull(Item, ‘All items’) as Item, SUM(Price) as Price

FROM tabelan
GROUP BY Customer, Item WITH CUBE

Gw tunggu traktirannya

Jawaban dari genta:

Hehehe…siippp..thanks banget dah. Pakai yang ini juga bisa, coba dehSELECT

CASE

WHEN GROUPING(customer) = 1 THEN ‘All Customer’

ELSE customer END Customer,

CASE WHEN GROUPING(item) = 1 THEN ‘All Items’

ELSE item END Item,

SUM(price)

FROM customer GROUP BY customer,item

WITH CUBE

Jawaban na untuk genta:

xi xi xi …. yang pasti gw dah mencoba sebuas yang gw bisa, dan itu lah hasilnya dan ini koreksian dari query yang elu punya:SELECT

CASE

WHEN GROUPING(customer) = 1 THEN ‘All Customer’

ELSE customer END Customer,

CASE WHEN GROUPING(item) = 1 THEN ‘All Items’

ELSE item END Item,

SUM(price) as Price

FROM [dbo].[tabelan] GROUP BY customer,item

WITH ROLLUP

karena klo pake syntax CUBE semua data tertampilkan sedangkan klo pake ROLLUP itu engga

klo pake rollup output nya:

lina b001 100
lina b002 300
lina b003 30
lina All Items 430
rosa a001 200
rosa a002 100
rosa a003 120
rosa All Items 420
All Customer All Items 850

Klo pake cube, outputnya:

lina b001 100
lina b002 300
lina b003 30
lina All Items 430
rosa a001 200
rosa a002 100
rosa a003 120
rosa All Items 420
All Customer All Items 850
All Customer a001 200
All Customer a002 100
All Customer a003 120
All Customer b001 100
All Customer b002 300
All Customer b003 30

Makan-makaaaaaaaaaaannn….makan-makaaaaaaaaaaaaannn….

Jawaban genta:

Di resto aja gimana 😉

Na ngejawab:

ehek ehek….eheeek….. restou lagi restou lagi….

Genta bales:

Maunya dimana?

Na:

pertanyaan yang sulit…. 😦

Genta:

Huu…gua ga biasa sih ngajak cewek makan, jadi ga tau tempat yg mereka mau. Hmmm pecel lele aja kali ya hahahahahah…….hayu..mau dimana? Atau kasih cluenya, ntar biar gua cari tau dimana maunya

Na:

Dari pada kita pusing cari tempat buat makan, mendingan lu traktir gw buku* aja deh, gimana?*syarat & ketentuan berlaku ^_^

Genta:

Hmmm..boleh…apa kategorinya?

Na:

pertanyaan yang lagi2 sulit untuk dijawab

E-mail2an pun selesai sampe sini , selanjutnya genta kirim e-mail yang isinya ga jelas…. tanya2 mengenai jadwal enroll…  trs kirim pertanyaan2 aneh:

Pertanyaan nya…menurut lo bisa ga manusia berkunjung ke matahari? (matahari bukan mall ya, tapi ‘the sun’). GImana caranya?

jawaban na:

bisa bisa…. di dunia ini apa sih yang ga bisacaranya:

* berkunjung ke mataharinya malem aja, biar ga fanasssss…. hehehehe…. atau
* manusia bisa bikin campuran logam yang tahan sama suhu matahari biar ga kebakar

pertanyaan yang aneeehhh????

disini pertama kali nya na tau klw genta sadar klo dia itu garink…

Hehe..maksud gua jawabannya yg pertama…dah tau tenyata huhuhu. Buat ngilangin ngantuk aja sii..sory kl garinkk hihihi

Balesan dari na:

Yey!! bravo!! hehehe… pdhal jawabannya cuma ngasal, habisan aneh siiii….

trs genta mulai muji2 ga jelas.

I swear….u’re smart J

na cuma bs bilang

I am hehehehe….

Kirain dah selesai, ternyata dia kirim balesan lagi.

Adorable…..yeah…u are!!

Balesan dari na:

Indeed, rosa gitu loch

-nina-

Read Full Post »

Rindu

Saat ini….

Ga boleh terucap “ku cinta padamu”
Ga boleh kaudengar “ku sayang padamu”

tapi….

Masih saja ku merindu mu..
Meski langit dan bumi belum merestu..
Meski hati dan logika tak menyatu..
Masih saja ku merindu mu..

Detik-detik penantianku..
Cintaku tumbuh terpupuk rindu…

-nina-

Read Full Post »

Awal jumpa 2

Author: Genta

Awalnya sih biasa ajah (kalo sekarang luar biasa), ketemu nina waktu dia ngegantiin pak Nur di kelasnya anak anak 2006. Tapi waktu itu saya cuma iseng aja karena memang bukan kelas saya. Berikutnya ketemu dia lagi waktu kuliah OOP (ngegantiin pak Rila). Masiy ingat waktu dia ngajar…trus saya pindah duduk kedepan, melototin dia terus ampe ampe dianya jadi salah tingkah hehehe…hayyoooo ngakuuuu. Setelah itu, beberapa hari kemudian, Nina sms saya buat ngebicarain tentang pembuatan e-Learning PU. Saya sih ok-ok ajah…selain buat nambah ilmu baru, juga nambah ‘teman’ baru hihhi. Tapi kok belakangan kita ga pernah ngebahas tentang e-Learningnya PU itu yah??? Tanya kenapa…

Yeah..overall….Nina adalah Rosalina… yeeehehe…pokoknya ga bisa digambarkan hanya dengan kata kata…susah diungkapkan dengan bahasa manusia. Caranya…harus di compiler dulu dari bahasa assembly hihihihi…sumpaahhhh garinggggg…hihihihihi.

Na….jazakillahukhoiro yah…atas semuanya

Read Full Post »

Na baru aja selesai presentasi untuk anak SMA Lugina Rancaekek – Bandung mengenai web design.

Ada 28 orang yang dateng + 4 orang guru, yang aktip nanya malah guru2nya…tapi murid2nya juga ga mw kalah kok…. mereka tanya mengenai hal yang mudah sampe hal yang rumit…^^

Seperti biasa diawali dengan perkenalan, disitu na juga nyelipin sedikit motivasi sama mereka, karena di dunia ini GA ADA yang GA MUNGKIN, asal kita mau berdoa dan berusaha.

Karena na cuma lulusan SMA negri yang ada di pinggiran kota bekasi, dulu pas lulus cuma dibekalin sama Lotus 124, trs WS…. ga pernah megang komputer juga selain di lab sekolah…dan ga pernah kepikiran bwt ngelanjutin kuliah apalagi jurusannya teknik informatika…wew!!

Selain itu, bahasa Inggris na juga pas2an, ga pinter2 amat juga, dan na ga pernah ikut Bimbel2an….

Tapi na dari kecil selalu mencoba memberikan yang terbaik yang na bisa dalam segala hal termasuk belajar. Klo dulu sich motivasinya biar Ibu bangga punya anak yang berprestasi ^^ dan seneng aja mamerin rapot dengan rengking bagus.

Selepas lulus SMA,  na ga da niat buat kuliah, na ga mau ngebebanin orang tua, tapi heee tetep ngumpulin brosur2 universitas ^^ soalnya kepinginnya kuliah pake duit sendiri setelah kerja.

Setelah lulusan itu, na sempet ngelamar2 kesana kesini, tapi… ga lulus heee … karena mata na dah mulai minus… selain itu juga na ga tinggi2 amat…. yang lainnya na ga lulus test hwhwhwhw as always.

Ga lama setelah lulusan, ada lowongan di Kompas… bekerja dengan ikatan dinas 1 tahun di cikarang. Langsung lah, na kirim lamaran ke alamat tersebut, dan ternyata dapet panggilan. Yey! waktu itu seneng bgd….

Na ke cikarang sendirian, sempet nyasar2 di cikarang baru, jadi na naik ojek waktu itu 5000 dari gerbang cikarang baru ke kampus, di ajak muter lwt Golf sana.

Nyampe depan gedung Wisma Jababeka …na langsung punya insting klo na rasa ini tempat na berkarir… na dah ada rasa nyaman waktu pertama kali nginjekin kaki di sini.

Dulu belum ada President Univeristy, tapi namanya Sekolah Tinggi Teknik Cikarang (STTC) di lantai 2 Wisma Jababeka yang sekarang jadi gedung President University seutuhnya.

Di lantai 2, na di interview dan seleksi nilai NEM dan rapot SMA kelas 1, 2, 3. Dan na lulus, dengan catatan na mesti ikatan dinas selama 1 tahun. Ikatannya itu, pagi kerja dan malamnya belajar dengan konsekuensi gajinya terpotong. So I only get 600 ribu / month tapi belajar gratis, dapat asrama gratis selama 1 tahun juga.

Pulangnya na langsung konsultasi ke ibu, tapi…. si ibu ga ngerti apa2…. jadi na konsultasi ke nenek angkat na, dia ngebolehin na bwt ngambil kesempatan ini, dan dia minta na buat sabar, berdoa dan selalu berusaha. Mengenai biayanya dia bakalan tanggung, jadi tiap minggu na dikasih uang saku sama si nenek… ga banyak sich, tapi cukup buat makan seminggu… dan uang sakunya tetep dapet walaupun na dah dapet gaji. Dan dari 600 ribu, na kasih setengahnya buat ibu na, dan itu berlangsung dari awal kuliah sampe lulus.

Setelah seminggu kerja pagi, dan kuliah malem, tiba2 ada tawaran untuk mengikuti perkuliahan pagi, dengan bahasa inggris sebagai bahasa pengantarnya. Dan untuk mengikuti testnya, nilai matematika, bahasa inggris dan fisika nya mesti bagus, dan na termasuk salah seorang yang bisa ngikutin testnya.

Testnya pake bahasa inggris, jawabnya pake bahasa inggris, nilai nya ga bagus2 amat sih… cuma lebih dari 50 ^^…. tapi na kaget karena na terpilih bersama dengan 5 orang lainnya.

Setelah itu, na bersama dengan 5 orang lainnya itu pindah ke kelas pagi dan kerjanya malem sampe jam 9.

Ummm…. dari awal president university itu dah konsisten untuk pake bahasa inggris sebagai bahasa pengantar perkuliahan. dan na inget bgd pertama kali masuk klas pagi tuh rasanya…. WAAAAHHH…. apalagi temen2 yang lainnya aga cina2 gitu… gaul2 gitu… ada yang pake kacamata tebel2 pula…. pokoknya sempet MINDER lah…

Tapi pas dosennya tanya sesuatu gitu….ke salah satu mereka….trs jawabannya NGACO…. hwhwhwh…. dari situ tingkat ke PD an na dan temen2 mulai naik, apalagi klo ngeliat anak2 yang aga cina dan gaols itu ga serius belajarnya, sering dateng ke kelas telat, klo dikelas smsan, klo di lab chattingan… selesai kelas basket…kelebihan mereka cuma mereka lebih ngerti bahasa inggris dan lebih bisa ngomong dibandingin kita2

Jadi awalnya di kelas itu cuma ada 12 orang, disitu kita berjuang bareng… belajar bareng…makan bareng…seneng bareng….sedih bareng…bengong bareng… pokoknya semuanya bareng….

Bulan2 pertama adaptasi, yaaaa bayangin aja…. belajar pake bahasa indonesia aja dah susah dan belum tentu ngerti, nah niee… pake bahasa inggris…!!!

Belum lagi selesai kelas mesti kerja… Fuuh…. waktu belajar nya dikit bgd. Nyampe asrama pasti dah malem…. dah cape…

Disini kita bisa liat klw pepatah yang berbunyi “BISA karena TERBIASA” itu benar adanya….

Na bisa ngikutin kelas pake bahasa inggris karena terbiasa…. dan bisa PD bwt bercakap2 pake bahasa inggris juga kerena terbiasa, na bisa ngejawab pertanyaan soal2 QUIZ, MIDTEST, sampe FINALTEST pake bahasa inggris juga karena terbiasa….

Tentunya terbiasa itu bukan berarti ga ada usaha di dalemnya, na terbiasa untuk mencoba memahami apa yang dosen coba sampein, klw ga ngerti na liat kamus, dan sering2 nranslate materi2 kuliah…. klo tetep ga ngerti juga na coba buka buku2 SMA dulu… heee… klo tetep ga ngerti juga baru rembukan sama temen2… klo temen2 juga ga ngerti…. yaaa lega…. berarti bisa dianggap dosennya yg gagal ngajar kita…. ^^

Jadi na belajar 2 sampe 3 kali lebih keras dibandingin temen2 yang kuliah di tempat lain. Sampe akhirnya na bisa berfikir langsung dalam bahasa inggris, sampe ngigow juga pake bahasa inggris xixixi….

Setelah tahun pertama selesai, dateng lah temen dari China sama Vietnam, jumlahnya sekitar 30 orang-an.

Jadi di kelas ada 3 nationalities: Indonesia, China, sama Vietnam. Dan mayoritas adalah china….sedangkan minoritas adalah Indonesia. Disitu na ngerasain jadi minoritas di negara sendiri….

Jangan salah juga, awalnya mereka juga bahasa inggrisnya ga bagus2 amat, tapi kondisi mendesak kita buat berkomunikasi bagaimanapun caranya. Sampe ada cerita lucu.

Ada temen na yang ditanya gini:

“Hi ris, when did u cut ur hair???”

Trs si Aris ngejawab:

“Owh… Tomorrow”

Hiahahahaha…. padahal waktu itu rambutnya si aris udah dipotong…. !!!

kita2 juga sering pake bahasa tubuh bwt ngomongin sesuatu, sampe akhirnya kita tuker2an kosakata… biasanya kita tuker2an kosakata bwt mengumpat… heee …. bahasa2 yang gitu2 lebih mudah diinget ketimbang bahasa2 yang baik2…

Kembali ke kelas, jadi klo di kelasnya pak Rila…. selalu ada pertarungan antar 3 negara, jadi tiap orang yang ditunjuk harus bisa ngejawab pertanyaan dengan membawa nama negaranya….

Jadi klo pak rila dah nulis kata Indonesia, China, Vietnam di papan tulis itu tandanya…. siap2 untuk di panggil maju…. untuk nyelesein soal. Langsung di papan tulis.

Pelajaran calculus ga beda jauh, tiap orang kebagian untuk ngerjain soal di papan tulis langsung… bole bawa buku… bole engga… yang penting ga bawa buku tulis.  Ada satu kelas yang disetiap dindingnya ada papan tulis, jadi kita sampe muter2 ….

Pelajaran Fisika, lebih santai wlwpun sama susahnya, na inget sama pelajaran medan magnetik… tiap kali dosennya bilang “equal to zero” …. dan tiap kali dia bilang “equal to….” kita langsung ngejawab “zero” padahal belum tentu zero. Selain itu, dosen ini terlalu pinter, Einstein bgd deh…  sampe akhirnya kita sering muter2in dia di pelajaran yang sama…. heeee…..

Pelajaran bahasa inggris, pelajaran yang paling ngebosenin… apalagi klo mesti mengarang 150 kata Fuuuh…. ga bgd…. ga bgd….  tapi dosennya kocak2… dengan gaya ngajar yang beda2… mulai dari formal bgd sampe ga formal bgd, yang ga formal ini….tiap kali masuk kita cuma mesti berpartisipasi dalam drama…. trs nyanyi2…. nulis lyric nya sampe ngartiin artinya….

Ada juga dosen yang pake metode debat…. hwhwhw…. disitu team na dapet nilai tertinggi…. yang penting bisa nyerang dan bisa mempertahankan pendapat. Hal yang didebatin macem2 tergantung dari yang si dosen mau. Walaupun belum penah riset tapi tetep aja kita bilang “Based on Research…bla bla bla…bla bla blaaa….”

Dosen lainnya, ada yang pake metode nonton film trs kita mesti ngartiin maksud yang terkandung di dalem nya apa trs dikaitkan dengan materi yang dikasih pada saat itu.

Ada juga dosen yang selalu HAPPY klo ngeliat mahasiswanya bengong… dan dia punya julukan “Mr. Forget it”…. itu karena tiap kli dia nerangin pasti dia nanya gini

“Did u get it”

trs

kita bilang

“NOOO…..”

trs dia cuma cekikikan sambil bilang

“Okie… just forget it”

Mending klo beneran forget it…. yang ada pas ujian keluar … kwang kwawww… klo kelasnya dia itu klo ga Fail aja udah syukur Alhamdulillah….

klo kelasnya dosen itu, segala sesuatunya pasti jadi susah dan rumit…. dan pasti tiap selesai ujian na nangis krn stress…. klo ga dikeluarin yang ada na ga bisa belajar untuk ujian berikutnya….

Tiap kali ada project na pasti milih jadi presenter nya….na seneng bwt ngejelasin di depan kelas…  karena itu bagian yang paling enteng dibandingin mesti coding…. hheeee…..

Tahun pertama nilai2 nya ancur2… tahun kedua lebih baik…tahun selanjutnya jauh lebih baik….tapi IPK nya ga bisa lebih dari 3.5 soalnya itu tadi nilai tahun pertama sama kedua masih berantakan….tapi na seneng karena na menempati nilai tertinggi ke dua untuk anak2 indonesianya… cuma beda 0,1 dari si lasky.

-nina-

Read Full Post »

« Newer Posts - Older Posts »